Kegiatan Sumatera Power Conference & Exhibition Ditunda
Memantau setiap pembaruan informasi tentang penyebaran pandemi Covid-19 khususnya di Indonesia yang semakin meluas dan grafik penularannya terus meningkat, hal ini menjadi fokus perhatian kita semua untuk mengurangi potensi resiko kesehatan terhadap virus tersebut. Pemerintah juga dengan tegas memberlakukan sejumlah aturan untuk memutus dan mengurangi rantai penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Setelah berkoordinasi dengan berbagai pertimbangan dari para pemangku kepentingan dan masukan dari mitra kerja, diputuskan bahwa kegiatan Sumatera Power – Conference & Exhibition yang telah diagendakan pada 1-2 Juli 2020 harus ditunda pelaksanaannya.

Penundaan ini terpaksa dilakukan karena kesehatan dan keselamatan berbagai pihak yang terlibat pada kegiatan tersebut adalah prioritas utama. Pandemi Covid-19 berdampak ke seluruh lapisan masyarakat termasuk berbagai bidang usaha di dunia, yang membutuhkan kerjasama kita semua untuk menghadapi situasi yang luar biasa ini. 

Sebagai pengingat, Sumatera Power – Conference & Exhibition merupakan kegiatan yang dilatarbelakangi oleh suatu pemikiran untuk mendukung pengurangan karbon dioksida dan mengembangkan energi terbarukan yang berkelanjutan. Pemerintah Indonesia sudah menetapkan target porsi terbarukan 23% pada bauran energi nasional tahun 2025, melalui KEPMEN ESDM No.39 K/20/MEM/ 2019 tentang RUPTL PLN 2019-2028. Selain itu, Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan bahwa pada tahun 2017, potensi energi terbarukan di Indonesia adalah sekitar 430.000 MW sementara hanya 2% (8.000 MW) yang telah dimanfaatkan. Ini merupakan tantangan sekaligus peluang.

PLN sebagai perusahaan listrik negara berkomitmen untuk mendukung dan memberikan upaya terbaik untuk mengembangkan program energi terbarukan dan berkelanjutan. Melalui kegiatan Sumatera Power – Conference & Exhibition diharapkan dapat mengumpulkan ide dan pemikiran tentang cara memberikan energi bersih dan lebih baik bagi lingkungan dan masyarakat. Sedangkan bagi para pemerhati dan pelaku usaha industri, teknologi dan jasa kegiatan ini diyakini dapat menambah wawasan, memperluas jaringan usaha, menemukan dan mengembangkan potensi energi terbarukan di Indonesia.

Maka dengan ini disampaikan bahwa kegiatan Sumatera Power – Conference & Exhibition akan dilaksanakan pada 9-10 Juni 2021, pada lokasi yang sama di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention, Medan – Sumatera Utara. Sebagai tuan rumah, PT PLN (Persero) UIP Pembangkit Sumatera memastikan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut akan berlangsung kondusif dan nyaman bagi semua pihak dengan menerapkan protokol kesehatan event yang ketat. Terima kasih kepada berbagai pihak yang tidak menyurutkan dukungan terhadap kegiatan ini, dan sampai jumpa di SUMATERA POWER 2021.